Pencerahan 2


KARUNIA SESUAI KESIAPAN HATI

" Datangnya karunia Allah kepada seorang hamba sesuai dengan kesiapannya "

Merupakan sunatullah bahwa keberadaan sesuatu pada tempat yang selayaknya. Lebah dengan mudah kita dapati berada di putik-putik bunga, sementara lalat pasti berada ditempat-tempat yang kotor.
Tidaklah mungkin lebah tertarik berada
ditempat kotor dan bau, demikian pula lalat tidak akan tertarik dengan tempat yang berbau harum .
Manusia akan berada sesuai dengan maqomnya.

Hati manusia sebenarnya adalah tempat yang ideal untuk menerima berbagai karunia dari Allah SWT. Selama hati tersebut dijaga dan disiapkan dengan baik dan benar. Yaitu dijaga keharumannya dan dibersihkan dari perkara yang mengotorinya.

Sebelum Nabi Muhammad saw diangkat sebagai rasul, dada beliau mengalami pembedahan 3 kali dan puncaknya saat beliau hendak di-Isra' Mi'raj-kan. Semua itu adalah bentuk penyiapan agar beliau layak menerima berbagai karunia yang istimewa.

Anugerah Allah hanya akan diberikan kepada orang yang mempersiapkan hatinya, semakin bersih dan bening hati seorang insan semakin mengucur pula berbagai karunia dan anugerah Allah kepadanya.

Bila seorang hamba lebih cenderung mengikuti hawa nafsu dan enggan menjalankan kewajiban maka hatinya akan menjadi kotor, hal ini akan mengundang berbagai perkara yang tidak baik, persis seperti bau kotoran yang mengundang kedatangan lalat

Bila Allah mengkaruniakan cahaya dalam hatimu janganlah engkau padamkan cahaya itu dengan kemaksiatan.

" Ilmu adalah cahaya Ilahi
Pelaku maksiat tak mungkin diberi "



Komentar